News

Orkes kota Jakarta City Philharmonic (JCP) yang dibentuk oleh Badan Ekonomi Kreatif dan Dewan Kesenian Jakarta, tahun ini membuka audisi untuk mewarnai konser terakhir di tahun 2018 pada 9 November 2018 mendatang di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

“Tak terasa konser reguler Jakarta City Philharmonic tinggal dua kali di tahun ini, yaitu Oktober dan November. November merupakan konser terakhir kami di tahun 2018, rasanya kami ingin lebih melibatkan publik luas lagi. Maka JCP membuka dua audisi untuk konser tersebut, yaitu audisi penyanyi dan panggilan terbuka kepada musik arranger untuk mengirimkan karya mereka untuk kami mainkan di JCP edisi November,” ujar Budi Utomo Prabowo, Pengaba Utama JCP.

Persyaratan mengikuti audisi penyanyi Jakarta City Philharmonic:

  1. Peserta audisi diutamakan yang terlatih teknik vokal klasik namun terbuka untuk menyanyikan lintas genre musik,
  2. Peserta akan tampil accapella—tanpa iringan, dengan nada dasar yang ditentukan sendiri,
  3. Mengisi formulir daring pada tautan: bit.ly/audisipenyanyijcp,
  4. Datang saat audisi pada Minggu, 7 Oktober 2018 mulai pukul 12:30-14:00 WIB di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki,
  5. Untuk peserta perempuan lagu yang dibawakan saat audisi adalah “Matahari” karya Eros Djarot & Yockie Soerjoprajogo dan satu lagu bebas ,
  6. Untuk peserta laki-laki lagu yang dibawakan saat audisi adalah “Camellia I” karya Ebiet G Ade dan satu lagu bebas untuk peserta laki-laki,
  7. Penyanyi yang lolos audisi dapat tampil pada konser orkes kota Jakarta City Philharmonic edisi #18 pada 9 November 2018 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.
  8. Tim penilai terdiri dari anggota komisaris Jakarta City Philharmonic dan pihak yang diundang untuk membantu memberikan penilaian. tim penilai berhak memotong lagu yang dinyanyikan sebelum habis dibawakan.

Selain audisi penyanyi, konser JCP di November 2018 mendatang juga membuka kesempatan untuk para arranger atau orkestrator untuk membuat aransemen lagu-lagu dari lagu pop folk Indonesia.

Persyaratan mengikuti panggilan terbuka untuk para arranger atau orkestrator:

  1. Memilih lagu Indonesia pop folk untuk di aransemen ulang. Lagu-lagu yang dapat dipilih adalah karya Franky & Jane, Adjie Bandi, Bimbo, dan Leo Kristi.
  2. Instrumen yang digunakan untuk aransemen tersebut meliputi:
    1 flute, 1 obo, 1 klarinet, 2 horn, 1 trompet, 1 trombone
    Gesek formasi 4.4.3.3.2
    1 harpa, 1 piano
    1 instrumen tradisi : tiup/gesek/perkusi
    perkusi tanpa drumset dengan maks 2 pemain
    1 gitar akustik folk
  3. Mengirimkan aransemen full score dalam bentuk cetak dan digital, disertai data diri (nama lengkap, email, nomor telepon, dan portofolio). Versi digital dikirim melalui email ke alamat jakartacityphilharmonic@gmail.com.
    Versi cetak dikirim dalam tiga rangkap ke alamat kantor:
    Dewan Kesenian Jakarta,
    Taman Ismail Marzuki
    Jalan Cikini Raya No.73 Jakarta Pusat 10330
    UP: Jakarta City Phiharmonic
  4. Pengiriman karya paling lambat 15 Oktober 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment